5 MUSEUM UNIK YANG HARUS DIKUNJUNGI DI JAKARTA

Museum adalah salah satu bangunan kumpulan satu aset sejarah yang harus dijaga dan dlestarikan karena didalamnya dapat menyimpan sejuta kenangan beserta peristiwa momen-momen bersejarah tak dapat dipisahkan darikeberadaanya di indonesia khususnya  didaerah lokal yaitu pada kesempatan ini  kota  jakarta. Jika indi ingin berkunjung ke kota metropolitan ini dari bandung maka disarankan untuk memakai alat transportasi berupa kereta dengan membeli tiket kereta bandung Jakarta agar aksesnya lebih cepat menuju destinasi di jakarta lebih cepat. Museum tidak dapat dipisahkan dari keberadaan dan sejarah  kota jakarta itu sendiri di bangunan tersebut menyimpan sejuta arsip-arsip peristiwa besar yang terjadi.

Berikut iniadalah museum-museum bersejarah yang patut anda kunjungi ketika pergi ke jakarta:

MUSEUM NASIONAL

Museum yang berlokasi di Jl. Medan Merdeka Barat 12 Jakarta pusat ini merupakan sebuah bangunan arsip sejarah yang sangat monumental dan vital. Museum ini didirikan pada tanggal 24 April 1778 usia nya sangat lah tua tapi masih eksis berdiri hingga sekarang tentu ini dapat dijadikan daya tarik tersendiri ditambah lagi dengan jumlah koleksi nya cukup banyak sekitar 141.899. Museum ini pun sering disebut dengan museum gajah karena banyak mengoleksi benda-benda prasejarah yang kuno seperti arca, prasasti. Ada hal yang menarik dari museum ini terdapat Patung yang sangat tinggi nya yaitu sekitar kurang lebih 4,14 meter yang merupakan gambaran sosok dari Boddhisatwa(Pancaran buddha) di bumi. Di Museum ini pun anda dapat menemukan arca hindu tertua yaitu Wisnu Cibuaya pada abad 4 tentu ini dapatmenjadi daya pikat tersendiri saat anda berkunjung kesini tentunya khazanah sejarah anda akan bertambah.

MUSEUM FATAHILLAH

Museum ini terletak di Jalan Taman Fatahillah no 1 Jakarta Barat berdiri pada tanggal 23 Januari 1707 tentunya museum ini umurnya lebih tua dari museum nasional  yang sangat menarik museum ini bergaya belanda identik dengan corak neoklasik yang di arsiteki W.J.Van de velde beserta insinyur nya yaitu J.Kemmer.Museum ini juga dikenal dengan nama Museum Sejarah Jakarta  koleksi-koleksi yang ada di museum ini seperti; keramik, gerabah, prasasti hingga dekorasi yang bermula dari ruang Prasejarah Jakarta, ruang tarumanegara,ruang jayakarta,ruang fatahillah dan ruang sultan agung.Hal yang menarik dari museum ini yaitu adanya patung dewa seperti Dewa Hermes yang dianggap sebagi dewa keberuntungan bagi kaum pedagang menurut kepercayaan yunani, Sampai hal yang cukup mengejutkan terdapat juga penjara bawah tanah pada zaman kolonial belanda.

MUSEUM WAYANG

Museum wayang ini berlokasi di JL. Lada no 23 Tamansari Jakarta barat. Museum ini didirikan pada tahun 1975 sesuai dengan namanya museum ini menyajikan koleksi-koleksi berupa wayang sampai jumlah koleksi wayang nya kurang lebih sekitar 4.000 yang terdiri dari beberapa jenis yaitu wayang kulit, wayang golek, wayang rumput, wayang beber dll. Dan uniknya lagi di museum ini terdapt juga boneka yang berasal dari beberapa macam negara yaitu eropa, thailand, suriname, vietnam, india, dan kolombia.

MUSEUM TAMAN PRASASTI

Museum yang terletak di JL.Tanah abang,Gambir Jakarta pada awalnya tempat ini dijadikan pemakaman Kebon Jahe Kober  tetapi pada tanggal 9 juli 1977 dialih fungsingkan menjadi museum.Hal yang menarik dari museum ini yaitu koleksi koleksi tidak dipajang didalam tetapi outdoor  jadi di museum ini anda dapat melihat dan mencari  langsung disini anda dapat meneukan peninggalan berupa prasasti serta makam-makam tokoh orang belanda,inggris  dan indonesia

MUSEUM KEBANGKITAN NASIONAL

Museum yang bertempat di Jl.Abdurachman Saleh no 26,Jakarta pusat Museum ini merupakan sebuah monumen untuk mengetahui kebangkitan nasional yang diprakasai oleh organisasi budi utomo.Koleksi yang ada di museum ini berupa lukisan,patung,pakaian senjata dll dengan total koleksi kurang lebih sekitar 2.042