Keutamaan-keutamaan Surat Al Kahfi

Al Kahfi merupakan surat yang yang memiliki sejarah atau kisah. Di dalam surat ini diceritakan bahwa ada segerombolan orang yang terjebak di dalam goa. Selain menceritakan kisah ashabul kahfi atau orang yang terjebak di dalam goa, juga menceritakan tentang pertemuan nabi Musa as dengan nabi Khidir serta bercerita tentang nabi Dzulkarnain. Kisah Ashabul Kahfi di dalam surat ini sangat terkenal. Dimana segerombolan orang yang hidup dalam masa rasa Diqyanus di Romawi. Pada saat itu banyak penduduk menyembah berhala, namun sekelompok orang tersebut hanya eprcaya kepada Allah. Akhirnya mereka melarikan diri di dalam goa. Akan tetapi atas ijin Allah orang-orang tersebut ditidurkan oleh Allah SWT hingga 309 tahun.

Surat Al Kahfi termasuk golongan surat Makkiyah karena diturunkan di kota Makkah, di dalam surat ini terdapat 110 ayat . Ada banyak sekali keutaman yang ada di dalam surat Al-Kahfi, di antaranya adalah :

  • Ketika surat ini dibaca di hari jumat maka akan terhindar dari fitnah Dajjal

Ketika hari kiamat datang maka akan muncul Dajjal yang akan melakukan fitnah dimanapun orang-orang berada. Agar terhindar dari fitnah Dajjal maka sebaiknya baca surat Al-Kahfi.

  • Ketika dibaca di hari jumat maka akan menghilangkan dosa selama 2 jumat kedepan.

Hal ini terkandung di dalam hadist yang diriwakatkan oleh Abu Sa’id al-Khudri. Selain menghilangkan dosa besar, anda akan mendapatkan pancaran cahaya dari dalam diri sendiri.

  • Ketika anda did alam rumah anda juga bisa membaca surat Al-Kahfi agar setan tidak bisa masuk ke dalam rumah. Selain itu anda juga akan mendapatkan sunah dari Allah SWT.

Di dalam surat al-Kahfi terkandung pokok bahasan mengenai al quran yang digunakan sebagai pedoman hidup, berisi tentang kisah ashabul kahfi, Rosululah juga harus beersikap sabar dalam menghadapi orang-orang fakir.  Orang-orang yang beriman akan mendapatkan balasan yang baik, selain itu menceritakan juga tentang kisah nabi Musa dan Khidir. Di Dalam surat ini juga dijelaskan tentang kejadian hari kiamat dan pemberian kitab catatan amal baik maupun buruk.