Panduan Ketogenic Diet Epilepsy Untuk Anak-anak

Ketogenic diet ternyata memiliki seribu manfaat, bukan hanya untuk orang dewasa saja yang ingin mendapatkan tubuh ideal, namun diet semacam ini bisa mengobati berbagai macam penyakit termasuk penyakit epilepsi atau kejang yang sering terjadi pada anak-anak.

Diet ketogenik adalah salah satu pilihan pengobatan untuk anak-anak dengan epilepsi yang kejangnya tidak terkontrol dengan AED. Diet ini dapat membantu mengurangi jumlah atau keparahan kejang dan sering kali memiliki efek positif pada perilaku.

Makanan termasuk dalam diet ketogenik. Hingga 70% orang dengan epilepsi dapat mengontrol kejang dengan obat anti-epilepsi (AED). Untuk beberapa anak yang terus mengalami kejang, diet ketogenik dapat membantu. Namun, dietnya sangat khusus. Itu harus dilakukan dengan perawatan, pengawasan dan bimbingan spesialis medis terlatih.

Apa Itu Ketogenic Diet?

Ketogenic Diet (KD) adalah diet protein terkontrol tinggi lemak, rendah karbohidrat, yang telah digunakan sejak 1920-an untuk pengobatan epilepsi. Diet adalah perawatan medis dan biasanya hanya dipertimbangkan ketika setidaknya dua obat yang sesuai telah dicoba dan tidak berhasil.

Diet ketogenik adalah pilihan pengobatan yang telah ditetapkan untuk anak-anak dengan epilepsi yang sulit dikendalikan. Beberapa orang dewasa mungkin mendapat manfaat dari perawatan diet, tetapi lebih banyak data diperlukan tentang dampak dan hasil untuk orang dewasa, dan perawatan dewasa saat ini hanya tersedia di beberapa klinik khusus saja.

Perawatan diet untuk epilepsi hanya harus diikuti dengan dukungan dari spesialis epilepsi yang berpengalaman dan ahli diet (spesialis makanan).

Bagaimana Cara Kerjanya?

Biasanya tubuh menggunakan glukosa (suatu bentuk gula) dari karbohidrat (ditemukan dalam makanan seperti gula, roti atau pasta) untuk sumber energinya. Bahan kimia yang disebut keton dibuat ketika tubuh menggunakan lemak untuk energi (ini disebut ‘ketosis’). Tubuh menggunakan keton alih-alih glukosa untuk sumber energinya. Penelitian pada tahun 2015 menunjukkan bahwa bahan kimia lain, asam decanoic, juga diproduksi sebagai hasil dari diet. Zat kimia ini membantu mengurangi kejang bagi sebagian orang.

Itulah sedikit penjelasan tentang ketogenic diet epilepsy untuk anak-anak. Semoga panduan ketogenic diet for beginners dapat bermanfaat untuk Anda.